23 Desember 2008

Tentang Ibu

Setiap temanku, pasti akan tau ibuku..
tidak hanya karena kami mirip, tapi aku selalu memperkenalkan tiap temanku ke ibu,
Sejak aku SD hingga saat ini aku bekerja, hampir 90% temanku pasti mengenali ibuku klo berpapasan di jalan...
Pekerjaan ibu yang PNS dan dinas di kota lain mengharusan ibu berangkat kerja pagi2 sekali, dan pulang sore hari..
aku ingat betul hari2ku selalu di temani oleh pembantu dirumah....( spt princess saat ini yah..;p) bahkan untuk menyisir rambutku pun Ibu tak sempat....
Tapi sore hari adalah saat yang selalu aku tunggu, karena ibu selalu bawa oleh2 sepulang kerja..
di hari minggu, aku selalu diajak ibu pergi ke Pasar Klewer, saat itu ibu mengambil dagangan dari pedagang kenalannya untuk di jual lagi di kantor ataupun di sekitar rumah..
pernah juga ibu menawariku sebuah baju..
baju yang indah...baju bunga2 berwarna kuning dan rok bagian bawahnya mengelembung seperti balon... baju balon.... kami menyebutnya..
saat itu baju balon sangat di sukai anak2, juga aku.
tapi, baju itu di beli oleh tetanggaku yang punya anak kecil sebayaku...
ibu bilang...
Minggu depan ibu ganti yah.....
aku mengiyakan, meski sebenarnya aku kecewa....
Tapi meski masih SD, aku sudah tau klo mencari uang itu susah....
Jika menginginkan sebuah mainan ato baju, ibu selalu mewajibkan kami untuk menabung.... begitu uangnya sdh terkumpul tapi belum cukup, ibu baru mau menambahi kekurangannya...
baju baru yang benar2 di belikan ibu hanya 1 tahun sekali, yaitu pas hari raya ( mungkin ada uang sisa karena dapet THR yah??)
Tidak hanya jual baju sampingan ibu, tapi juga berjualan beras, telur, minyak, Es lilin,konveksi dls
kami4 bersaudara, aku dan 2 kakakku masih bisa bersekolah di SD yang sama, aku ingat betul saat kami berangkat ke sekolah, kami selalu membawa termos es yang isinya penuh denganEs lilin( saat itu harga es lilin per buahnya masih Rp 5,-) uantuk di titipkan kebeberapa toko yang kami lewatin saat menuju sekolah.
Dan sebelum magrib, termos2 itu kami ambil lagi... dengan rata2 pembayaran Rp 200,- untuk es lilin yang terjual habis...
Ibu orangny Ulet, beliau selalu bisa melihat celah untuk bisa memiliki usaha sampingan....
Ibu juga orang yang berani dan selalu berfikir cepat...juga cerdik..
Ibu selalu menekankan kepada kami, klo kepercayaan itu Mahal harganya..
Karena didikan ibu aku dan saudara2ku jadi seperti ini...( maksudnya jadi anak baik2.... tidak nakal dan tidak pernah bermasalah di sekolah, bahkan beberapa kali kami selalu masuk ranking kelas)
Saat kami harus kuliah, ibu memberikan kebebasan kami untuk memilih jurusan ataupun tempat kuliah, dari 4 bersaudara, hanya 1 orang diantara kami yang kuliah di Univ Swasta. ( menurutku, ini juga keberhasilan ibu loh...)
terkadang aku berfikir, apakah kelak aku bisa melebihi keberhasilan ibu?

Bulan lalu, bisnis keluarga sedang ada masalah....
kami sekeluarga shock berat, hingga aku berhari2 sakit karena stress, kami sangat terguncang... hampir beberapa malam aku selalu menangis, tapi Ibu...
Ibu dengan yakin memompa semangat kami untuk tidak berhenti berusaha dan berdoa...
Ibu yakin kita akan bisa melewati saat seperti ini..
1 bulan sudah kami lewati... Alhamdulillah keadaan kami sudah semakin membaik,
aku sudah mulai melihat cahaya wajah ibu yang bersinar lagi...

Terimakasih ya Allah,
Terimakasih Kau berikan kami seorang ibu yang luar biasa....
Seorang ibu yang tidak hanya sebagai Ibu, tapi juga sahabat....

Saat ini sedang berusaha untuk berkata halus ke Ibu ( karena meski aku sayangggg banget ke ibu, tapi aku sering bertengkar dengan ibu..... tapi aku juga selalu menjadi orang pertama yang selalu membela ibu ... hehehheheh)

Ibu... Selamat hari Ibu yah.....

Tidak ada komentar: